ILO Datangi FISIP UR

TEKAD-FISIP UR kedatangan tamu dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tepatnya organisasi di bawah PBB yang bergerak di bidang ketenagakerjaan, International Labour Organisation (ILO). Untuk itu, FISIP mengadakan seminar internasional bertajuk Employment di Gedung Sultan Balia FISIP UR, Jumat (28/10) lalu.
Materi dalam seminar disampaikan oleh Peter van Rooij, Direktur ILO Jakarta Office. Roijj menjelaskan dalam materinya tentang kinerja ILO, berbagai program dari United Nation (UN)/PBB di bidang ketenagakerjaan, serta masalah-masalah ketenagakerjaan yang akhir-akhir ini sering terjadi. Berbagai bentuk motivasi pun  dilontarkan.
Setelah pemberian materi usai, Peter menuturkan bahwa acara seperti ini sangat penting untuk mahasiswa dan ILO sendiri karena dari sini mahasiswa tahu program-program kerja ILO dan feedback-nya, ILO juga mendapatkan masukan dari mahasiswa.
‘’Seminar seperti ini sangat penting agar mahasiswa mengetahui bagaimana program-program ILO. Kami sangat senang mengadakan acara seperti ini sehingga mendapat masukan dari mahasiswa,’’ tutur Peter.
Ketua panitia, Drs Syafri Harto MSi mengatakan, acara ini merupakan kerjasama dengan The United Nations Information Centre (UNIC) yang memberikan peluang kepada dunia akademik untuk bekerjasama mensosialisasikan progam-progam PBB terutama ILO. Panitia berharap dapat membangun akademik dan motivasi go internasional melalui acara. ‘’Agar akademisi kita bisa bersaing di dunia luar,’’ lanjutnya.
Mahasiswa yang hadir dalam seminar ini pun mengurai berbagai tanggapan positif. Rio Ranzani Saputra misalnya. Mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan ’10 ini mengaku termotivasi dengan materi yang disampaikan oleh Peter. ‘’Saya sangat termotivasi  setelah mengikuti acara ini. Selain itu saya bisa mengetahui program-program kerja dari ILO di Indonesia,” tuturnya.
Hal senada juga diakui oleh Lia Safitri. Lia mengaku menjadi tahu apa saja program yang dilakukan oleh ILO dan mendapat ilmu yang bermanfaat. ‘’Seminar-seminar internasional seperti ini harusnya lebih banyak diadakan agar mahasiswa bisa mengetahui lebih banyak hal yang terjadi di dunia internasional secara langsung,” kata mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional ’08 ini.
Seminar internasional, tambah Safri, belum selesai dengan mengundang perwakilan dari ILO ini saja. Ke depannya diharapkan FISIP bisa berkerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, seperti kerjasama pertukaran informasi dalam media cetak dan jurnal. ‘’Jadi FISIP dapat terus mengadakan acara yang tidak hanya setingkat lokal, namun juga internasional,’’ tambahnya. *** (AE)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: