Kampus Hijau untuk Negeri

TEKAD-Setelah melakukan serangkaian kegiatan sejak November 2011 lalu, Kementrian Lingkungan Hidup Badan Legislatif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UR) mengadakan seminar Green Campus pada Kamis (15/12) lalu. Acara yang bertema “Universitas Riau Menuju Green Kampus, Kontribusi Nyata untuk Negeri”, ini merupakan acara puncak dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan.
‘’Ini merupakan program kerja dari Kementrian Lingkungan Hidup BEM UR. Awalnya kita tidak ingin kegiatan ini hanya terlibat di kalangan mahasiswa saja, harus ada keterkaitan antara pejabat kampus selaku pengambil kebijakan bersama masyarakat sekitar kampus karena proses green campus ini panjang. Inisiatif dari BEM UR ternyata mendapat sambutan baik dari pihak Rektorat,’’ terang Martina Eka Rusvita selaku Ketua Panitia kepada Tekad di sela-sela acara.
Dijelaskan Vita, sebelumnya pihaknya telah melakukan rangkaian kegiatan dan kunjungan ke beberapa lembaga yang berkaitan dengan lingkungan. ‘’Sebelumnya kita telah melakukan Rangkaian kajian dan kunjungan lembaga yang ada kaitannya dengan lingkungan, seperti kunjungan ke Mapala se-UR, BMC, ESU, LSM Jikala Hari dan kunjungan ke Kementrian Lingkungan Hidup Regional Sumatera,’’ jelasnya.
‘’Dari awal November lalu semua itu sudah kita lakukan. Kita telah melakukan kajian terlebih dahulu sehingga isu yang kita angkat tidak mengada-ada. Jadi seminar inilah acara puncaknya . Hari ini kita publish apa yang sudah kita lakukan,’’ lanjut Vita kemudian.
Empat pemateri dihadirkan dalam seminar yang diadakan di lantai dua Gedung Lembaga Penelitian UR (Lemlit UR) UR ini, yakni Usman Tang Ketua Lemlit, Zulfikar Jaya Kusuma Akademisi Lingkungan UR, Ilham Malik Kepala Lingkungan Hidup Regional Sumatera, dan salah seorang Aktifis dari Mapalindup. Beberapa stan dari Kementrian Lingkungan Hidup pun ikut meramaikan acara.
‘’Ini adalah puncak dari apa yang telah kita lakukan, tapi ini merupakan langkah awal konkritnya pelaksanaan green campus. Harapan saya semua peserta yang berjumlah 180 merupakan pionir untuk menyebarluaskan informasi tentang cinta lingkungan. Jadi, mari sama-sama kita wujud kampus kita yang hijau,” himbau Vita.*** (Khoirun/Tekad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: