KBM Dipegang Fakultas?

TEKAD-Melalui beberapa pertimbangan, Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) dilegalkan oleh Rektorat UR sekitar tahun ajaran 2011 lalu. KBM tetap dikelola oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) dari berbagai jurusan dan program studi (prodi). Namun dalam pelaksanaannya, setiap rombongan KBM dihimbau mengikutsertakan dosen pembimbing.
Belakangan ini, peraturan KBM kembali mengumbar isu. KBM dikabarkan dipegang fakultas pada tahun ajaran 2012/2013 mendatang, tidak lagi dikelola oleh Hima. Hal ini berkenaan dengan beberapa laporan dari dosen pembimbing dan staf dekanat yang mengatakan agenda ini gagal, kurang terjadwal jelas, dan berunsur senioritas.
Namun isu itu dibantah oleh pihak fakultas. Drs Syafri Harto MSi menegaskan bahwa KBM tetap melibatkan orang kelembagaan. ‘’Siapa bilang KBM tahun depan fakultas yang kelola? Itu tidak benar. Pihak kelembagaan mahasiswa masih tetap dilibatkan,’’ tegas Pembantu Dekan (PD) 3 FISIP UR tersebut.
Lanjut Safri, konsep acara KBM sajalah yang harus dimatangkan lagi. ‘’Tahun depan konsep acaranya harus betul-betul matang. Mulai dari acara sampai lokasinya harus jelas. Agar tidak terjadi hal-hal seperti KBM lalu lagi, banyak mahasiswa yang kesurupan di lokasi,’’ lanjutnya.
Safri menyayangkan, KBM yang mengedepankan senioritas semata dan lebih bersifat hura-hura, tidak sesuai dengan nama yang disandangnya. ‘’Yang ‘Bakti’ itu tidak ada lagi, hanya segelintir. Kalau begitu hilangkan saja ‘B’nya jadi KM,’’ paparnya.
Saat memantau KBM beberapa jurusan, Safri melihat beberapa aksi senioritas tersebut. ‘’Saya lihat di depan mata saya sendiri senior merokok di depan juniornya, padahal senior itu yang membuat peraturan tidak merokok selama kegiatan berlangsung. Ini perilaku yang sangat tidak terdidik. Jika mengaku terdidik, seharusnya mereka juga tidak merokok di depan juniornya,’’ tuturnya.
Mempertimbangkan hal tersebut, pihak fakultas beserta kelembagaan dan jurusan akan merapatkan keseluruhan agenda KBM. ‘’Nanti pihak fakultas, jurusan beserta kelembagaan mahasiswa akan merapatkan mengenai KBM. Harapannya KBM tahun depan lebih matang dan akademis. Jadi bukan bermaksud mengambilnya di bawah fakultas,’’ jelas Safri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: