Komunikasi Datangkan Dosen Baru

TEKAD-Ir Rusmadi Awza SSos MSi, Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi (Kajur Ikom) menyampaikan Ikom kedatangan dua dosen kontrak baru, Jumat (07/10) lalu. Tepatnya dalam sambutannya pada pelantikan kepengurusan SELF. Ringgo dan Yudi, dosen baru tersebut, menandatangani kontrak pada Sabtu (01/10) lalu melengkapi tiga dosen luar biasa; Chelsy Yesicha SSos MIkom, Hevi Susanti SIkom MA, dan Nita Rimayanti MCom.
Dua dosen baru tersebut mengisi kekurangan dosen pada Konsentrasi Jurnalistik dan Manajemen Komunikasi. ‘’Namun karena ketika dosen kontrak baru itu datang perkuliahan sudah berjalan, maka untuk saat ini mereka masih membantu mata kuliah dosen lainnya. Contohnya seperti Ringgo yang mengajar Komunikasi Bisnis,’’ jelas Rusmadi saat ditemui Selasa (08/11) lalu.
Tenaga pengajar tentu sangat berpengaruh terhadap stabilitas belajar mengajar di Ikom mengingat mahasiswa peminat jurusan ini semakin banyak dan dikenal aktif. Suran Keputusan (SK) Rektor juga menuliskan bahwa perbandingan dosen dengan mahasiswa adalah 1:45. Artinya Ikom masih kekurangan kuantitas dosen.
Kurangnya dosen berimbas pada berkurangnya kuota penerimaan mahasiswa baru tahun 2011 lalu dimana Ikom hanya menampung 91 mahasiswa, jauh berbeda dari tahun 2010 yang mencapai 200 mahasiswa. ‘’Kita berusaha untuk mengimbangi rasio dosen dengan mahasiswa agar kegiatan belajar bisa lebih efektif,’’ ujar Rusmadi.
Proses mendatangkan dosen dimulai dari jurusan mengajukan permohonan ke fakultas dan diteruskan ke Rektorat, lalu Rektorat mengirimkan ke Jakarta. Setelah disetujui barulah fakultas, dalam hal ini PD II memberikan tes kepada calon dosen yang  mengajukan permohonan. ‘’Sebelumnya sulit bagi kita mencari dosen untuk Ilmu Komunikasi, makanya sering terkendala saat pengajuan pertambahan dosen ke pusat,” komentar Rusmadi.
Yudi, salah satu dosen baru yang ditemui Tekad  berharap ke depannya tidak hanya sekedar menjadi pengajar. Tetapi juga bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang  dimilikinya pada mahasiswa maupun dosen di Ikom FISIP UR ini.*** (Sucie/Tekad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: