Kreativitas Hasilkan Jutaan Rupiah

TEKAD-Unit Usaha Industri Biofertilizer dan Biopestisida yang disebut dengan Biological Control Community (Biccom) merupakan unit usaha di bawah Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Prodi Faperta). Dalam perkembangannya, Biccom telah mampu menciptakan pupuk tanaman sendiri.

Ir Fifi Puspita MSi, Kepala Prodi (Kaprodi) Agroteknologi menjelaskan, pembuatan pupuk ini berawal ketika Fifi mendapatkan dana Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti).
Penelitian Fifi menemukan mikro organinisme lokal yang berperan bio oktivator limbah untuk dirombak berdasarkan hasil riset. Pada tahun 2007, keluarlah pemikiran untuk memberikan pelatihan bagi mahasiswa Agroteknologi. Agar ke depannya mereka dapat bekerjasama dengan petani di Pekanbaru yang rutin memakai atau mengkonsumsi peptisida.

Hasilkan dua jenis pupuk
Pelatihan itu berbuah manis. Kreativitas mahasiswa telah berhasil menciptakan pupuk yang bernama Biotrikom. Biotrikom mengandung unsur makro dan mikro yang lengkap, sangat cocok sebagai pupuk tunggal untuk tanaman sayuran, tanaman hias dan pupuk dasar untuk tanaman perkebunan.
Dijelaskan Fifi, Biotrokom dilengkapi dengan jamur Trichoderma sp, jamur yang berfungsi sebagai pengendali penyakit tular tanah terutama yang disebabkan kelompok jamur. Sehingga pupuk ini tidak hanya menyuburkan tanaman, tetapi juga dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.
Selain Biotrikom, lanjut Fifi, Biccom juga telah menciptakan pupuk yang bernama Baktan, pupuk biopeptisida dengan bahan aktif bakteri antagonis yaitu Psedomonas Flourescens & Bacillus sp. Kedua jenis bakteri tersebut mampu menekan pertumbuhan penyebab penyakit tanaman dan sebaliknya memproduksi hormon yang dapat memicu pertumbuhan tanamannya.

Berawal dari pemanfaatan sisa
Biccom awalnya adalah kelompok praktek yang dinamai “Ramah Lingkungan”. ‘’Awalnya pihak sekjur bekerjasama dengan Ketua Labor Penyakit membuat kelompok yang dinamakan “Ramah Lingkungan”. Proses pengelolaan pupuk saat itu dilakukan di unit percobaan, tempat pratikum mahasiswa. Sisa-sisa pratikum dan panen diambil untuk bahan pupuk,’’ terang Fifi.
“Ramah Lingkungan” berkembang menjadi Biccom dan mahasiswa dari angkatan 2007 dan 2008 berkisar 15 orang diangkat sebagai anggotanya. Anggota Biccom ini memproduksi pupuk dan memasarkannya ke rumah tangga, perkebunan usaha kecil menengah, hingga mendapat orderan dari perkebunan swasta di Jambi, Padang, dan beberapa daerah di Sumatera.
‘’Harga pupuknya 4 juta Rupiah per satu ton. Tahun 2010 Biccom melakukan presentasi yang pertama di salah satu perusahaan di Jakarta. Mereka akan melakukan persentasi kedua tahun ini di kota yang sama,’’ lanjut Fifi.
Sebelum bernama Biccom, Agroteknologi telah bekerjasama dengan masyarakat Dayun Siak sejak tahun 2006, karena masyarakat Dayun Siak mayoritas adalah petani. Kerjasama berupa uji kelayakan pupuk.
‘’Kerjasama berlanjut hingga 2009, Biccom dapat memanfaatkan ampas panen dan pertanian di Dayun Siak sebagai bahan dasar pupuk dan timbal baliknya, masyarakat disana mendapatkan pupuk organik dengan harga lebih murah,’’ terang Fifi.

Tidak hanya konsumen
Setiap mahasiswa Agroteknologi, sebut Fifi, mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengelola dan turun ke pabrik pupuk, karena di setiap tahunnya akan ada anggota Biccom yang menyelesaikan perkuliahan.
Fifi berharap, unit usaha Biccom ke depannya dapat membiasakan mahasiswa untuk mempunyai usaha sendiri, tidak hanya sebagai konsumen. Khususnya bagi mahasiswa Agroteknologi yang tergabung menjadi anggota.
‘’Semua mahasiswa baiknya bisa membuat kreativitas sendiri, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dulu. Mahasiswa harusnya tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga menjadikan dirinya sebagai produsen. Itulah kebanggaan generasi bangsa,’’ sebut Fifi di akhir wawancara.***

(Marlia/Tekad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: