Marine Station ‘Dihidupkan’ Lagi

TEKAD-Marine Station yang dibangun tahun 1993 silam akan diefektifkan kembali. Gedung milik UR yang berada di kota Dumai tersebut dulunya merupakan tempat perkuliahan mahasiswa Ilmu Kelautan. Namun, beberapa tahun belakangan Ilmu Kelautan dipindahkan ke kampus UR Panam, Pekanbaru. Kondisi tersebut mengakibatkan gedung dengan luas area 33 ha itu tidak dimanfaatkan dengan optimal.
Hal tersebut dikeluhkan oleh Prof Dr Ashaluddin Jalil Rektor UR dalam dialog publik bersama pimpinan dan seluruh kelembagaan di UR, Kamis (14/01) lalu. Menurutnya, fasilitas yang disediakan di kawasan tersebut sudah lengkap. Namun, ia menyangkan fasilitas tersebut tidak dimanfaatkan.
‘’Sebelumnya ada kebijakan bahwa kuliah yang di sana (Marine Station, red) dipindahkan ke sini (UR Panam, red). Konsekuensinya ya gedung itu tinggal. Padahal, asrama putri dan putranya sudah ada, ada aula, laboratorium, bahkan punya kapal untuk penelitian,’’ ujarnya kepada Tekad seusai acara.
Saat ini, jelas Ashaluddin, kampus tersebut dimanfaatkan oleh pendidikan advokasi, S2 Lingkungan, dan S2 Managemen Pendidikan. Melihat kondisi tersebut, dirinya akan melakukan beberapa evaluasi dan menjalin kerjasama dengan Walikota Dumai. Dengan adanya kerjasama tersebut, nantinya UR akan membuka beberapa kampus lagi.
‘’Rakor akan saya bawa ke Dumai sekalian mau menjalin kerjasama dengan Walikota Dumai. Mungkin akan kita coba buka D3 Maritim dan D3 Informatika. Jika D3 Maritim kita buka, maka betul-betul full-lah pemanfaatan kampus di sana,’’ jelasnya.
Kerjasama tersebut akan diadakan pada pertengahan tahun 2012. Namun, akhir Januari 2012 ini Ashaluddin dan pihaknya akan mengadakan pertemuan bersama Walikota Dumai. ‘’Ketika ada MoU, apa yang akan kita lakukan pemerintah kota Dumai mencoba mem-back up lewat APBD mereka. Kita pun mem-back up lewat kemampuan kita. Sehingga akan tercapai target yang diinginkan,’’ kata Ashaluddin di akhir wawancara.*** (Dila/Tekad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: