Radio Komunitas Sebagai Media Pembelajaran

Oleh: Yudi Daherman, M.Ikom

Radio siaran (radio broadcast) merupakan  salah satu aspek dari komunikasi  karena proses radio siaran dipelajari dan diteliti oleh ilmu komunikasi. Kesederhanaan operasinya, suatu stasiun radio bisa memancarkan siarannya dalam berbagai bahasa sesuai dengan daerah tempat beroperasinya.
Kepraktisan untuk mendengarkan radio saat ini, selain melalui pesawat radio juga bisa didengarkan melalui handphone yang mempunyai fitur radio FM. Tak hanya itu, masih banyak media yang bisa kita gunakan untuk mendengarkan radio termasuk melalui internet, yaitu radio yang memiliki siaran live streaming. Bahkan, mendengarkan radio juga bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas bekerja, sambil mengemudikan kendaraan tanpa merasa terganggu.
Bagaimana pendengar bisa menikmati siaran, tentunya tidak terlepas dari beberapa faktor isi siaran tersebut, di antaranya faktor informasi, pendidikan, dan hiburan yang sudah termasuk lagu-lagu yang diperdengarkan oleh stasiun radio.
Selain itu, kontinuetas siaran radio juga harus ditonjolkan, kapan program-program disiarkan. Setiap jam, setiap hari, satu kali seminggu, atau satu kali sebulan. Kemudian bagaimana isi program tersebut. Ada isi informasi, edukasi, atau hanya hiburan saja. Program radio yang tidak jelas siarannya atau format siarannya tidak diketahui oleh pendengarnya, otomatis akan ditinggalkan oleh para pendengar.
Saat ini pendengar sangat mudah untuk meninggalkan siaran yang didengarnya, misalnya penyiar yang tidak fasih menyebutkan lafaz kata atau istilah, penyampaian penyiar yang monoton, lagu-lagu yang tidak disukai, kebanyakan iklan atau promo, dan masih banyak lagi yang merupakan mimpi buruk bagi seorang penyiar. Hal ini bisa di atasi dengan melakukan perencanaan siaran yang matang, jangan berani melakukan siaran tanpa persiapan, kemudian memperbanyak wawasan dengan banyak membaca, mendengar, dan melihat.
Hal tersebut akan menjadi bahan bagi penyiar untuk dijadikan isi siaran karena penyiar yang banyak inprovisasi siaran akan lebih berisi nilai siarannya, bukan penyiar yang hanya membaca konsep. Dengan modal yang cukup, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah bagaimana mengolah menjadi siaran yang menarik.
Jurusan Ilmu komunikasi FISIP Universitas Riau, saat ini telah memiliki laboratorium radio komunitas, namanya masih Radio Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau. Radiuo tersebut berada di frekwensi 107,7 FM. Panjang memang namanya, kemungkinan untuk ke depan akan dipersingkat atau diberi nama lain.
Keberadaan radio komunitas kampus tentunya sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa ilmu komunikasi untuk menyampaikan informasi melalui media massa radio. Selain itu, mempelajari organisasi radio layaknya seperti radio pemerintahan atau swasta yang ada saat ini. Banyak divisi yang ada disetiap radio, selain informasi, edukasi, dan hiburan, sebaiknya radio komunitas ilmu komunikasi FISIP UR juga memiliki divisi musik dan divisi produksi.
Dua divisi ini sangat penting untuk kelancaran siaran radio. Divisi musik untuk memilah lagu-lagu yang boleh dan tidak boleh diputar oleh penyiar nantinya. Genre musik apa yang akan diputar. Sebaiknya pop, rock, dangdut, RnB dan masih banyak lagi. Untuk divisi produksi, bertugas untuk memanage bagaimana divisi ini nanti membuat promo-promo program, jingle, bridge, iklan layanan masyarakat, dan lain sebagainya yang bersifat produk siaran tidak live.
Tentu semua ini memerlukan proses dan niat untuk belajar dan praktik yang lebih serius dari individu mahasiswa yang akan bergabung di radio tersebut.
Semoga keberadaan radio komunitas ilmu komunikasi FISIP Universitas Riau menjadi media hiburan, informasi, dan edukasi yang baik bagi pendengarnya.***

Penulis adalah Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Riau

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: