Wajah Baru Perpustakaan UR

TEKAD-Untuk meningkatkan kenyamanan para staf, karyawan, dan pengunjungnya, Unit Pelayanan Terpadu Perpustakaan Universitas Riau (UPT Perpustakaan UR) melakukan berbagai renovasi dan pembaruan pada sarana dan prasarananya. Hal tersebut berkenaan dengan sarana dan infrastruktur perpustakaan yang dulu dirasa kurang efektif. Seperti yang dikatakan Thamrin Hasan Mpd, Sekretaris UPT Perpustakaan UR. Ia menyatakan, setelah adanya pelantikan kepemimpinan baru Perpustakaan UR, pihaknya langsung melakukan gebrakan baru terhadap perkembangan perpustakaan.
‘’Sejak pergantian kepemimpinan perpustakaan UR yang dilantik langsung oleh Bapak Rektor pada 18 Juli 2011 lalu, kami langsung mengadakan rapat pimpinan dan gebrakan untuk melakukan pembaharuan total terhadap perkembangan perpustakaan. Dulu sarana dan inprasturktur kita masih sangat kurang,’’ kata Thamrin kepada UR News, Senin (02/01) lalu.
Untuk saat ini, jelas Thamrin, renovasi yang sudah selesai dilakukan yakni ruangan untuk staf baik kepala pustaka, sekretaris, kasubag tata usaha, dan ruangan karyawan lainnya. Sedangkan untuk pemustaka telah disediakan 40 unit komputer. ‘’Semua ruangan difasilitasi dengan satu set meja dan kursi serta komputer baru. Sedangkan untuk pemustaka sudah disediakan lebih kurang 40 unit komputer yang nantinya dapat digunakan untuk internetan  gratis,’’ jelasnya.
Di lobby pun telah disediakan dua unit komputer touch screen yang dapat digunakan untuk para pemustaka dalam mencari buku yang diinginkan. Dua unit TV pun akan di pasang di bagian terdepan gedung tersebut. TV pertama digunakan untuk sharing  informasi yang berkenaan dengan perkembangan perpustakaan, sedangkan TV lainnya digunakan untuk menampilkan siaran TV yang dapat  menghibur para pemustaka yang datang.
Tak hanya itu, kata Thamrin, pihaknya juga menyediakan book store dan layanan fotocopy. Saat ini layanan fotocopy sudah dapat digunakan,  sedangkan book store masih dalam tahap finishing. Untuk koleksi-koleksi buku yang ada di book store nantinya pihak perpustakaan akan bekerja sama dengan beberapa distributor. ‘’Adanya book store ini tentu berdampak pada keuangan. Bagaimana persisnya kita belum atur. Tapi, kita akan bekerja sama dengan pihak ketiga dan sistemnya bagi hasil,’’ katanya.
Dengan adanya renovasi ini, Thamrin mengharapkan kepada seluruh staf di perpustakaan dapat bekerja dengan lebih optimal. ‘’Setelah adanya kenyamanan dari sarana dan prasarana, kami menghimbau agar para staf dapat bekerja lebih optimal dan pemberian layanan kepada pemustaka dapat ditingkatkan,’’ harapnya.
Begitu juga untuk para pemustaka. Thamrin berharap, setelah adanya  renovasi dan penyediaan fasilitas, para pemustaka dapat lebih nyaman datang ke perpustakaan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan prestasinya. Secara menyeluruh, Thamrin berharap agar nantinya perpustakaan UR dapat Go Internasional. Renovasi tersebut ditargetkan akan selesai pada Januari akhir.*** (Dila/Tekad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: