Dirjen ASEAN Bicara Teroris

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang upaya yang dilakukan oleh negeri dalam hal pertahanan negara, Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia taja Seminar Nasional bertema “Kerjasama Penanggulangan Terorisme”, Kamis (29/03) lalu. ‘Hajatan’ di Hotel Ibiss ini bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (KOMAHI) FISIP UR.

Elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Pekanbaru pun diundang. Tak ketinggalan, berbagai Lembagaa Sosial Masyarakat (LSM) di Provinsi Riau, anggota partai politik (parpol), dan Kapolda hadir mengikuti seminar.

Pembicara dari Direktorat Polkam ASEAN Republik Indonesia, Eddy Mulya hadir sebagai pemateri. Dalam materinya, Eddy menerangkan tentang maraknya terorisme di Indonesia. Padahal Indonesia berperan dalam kerjasama penanggulangan terorisme di ASEAN  adalah sebagai koordinator (lead shepherd).

Kerjasama penanggulangan terorisme bagi Indonesia sangat penting. Seperti disampaikan Eddy, terorisme merupakan kejahatan lintas negara yang membutuhkan kerjasama internasional untuk penanganannya. ‘’Kerjasama antar kawasan akan memperkuat upaya penanggulangan terorisme di tingkat nasional dan akan terjalin saling tukar pengalaman,’’ tuturnya.

Pembantu Dekan III FISIP UR, Drs Syafri Harto MSi, yang turut hadir, menyebut seminar ini sebagai transformasi ilmu, khususnya untuk mahasiswa HI,’’ katanya kepada Tekad.

Sementara Risky Ari Kurniawan, salah satu peserta, mengatakan seminar ini dapat menjadi titik awal agar dapat berpartisipasi dalam melawan terorisme. ‘’Sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan rakyat, karena teroris bisa saja lahir dari ketidaknyamanan rakyat dengan kepemerintahan,’’ harapnya kemudian.*** (Marlia/Dila)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: