Dosen Ikom Ikuti Pelatihan Blog

Demi meningkatkan efektifitas penggunaan blog, dosen Ilmu Komunikasi (Ikom) FISIP UR mengikuti pelatihan blog pada Jumat-Sabtu (02-03/03). Bertempat di ruang Melati Pusat Komputer (Puskom). Pelatihan yang dimulai pukul 08.00 WIB itu mendapat tanggapan positif dari para dosen yang hadir.

Dr Noor Efni Salam Msi salah satunya, menurutnya banyak manfaat yang didapat melalui pelatihan ini. ‘’Efesiensi proses belajar mengajar dapat ditemukan di sini sehingga dosen maupun mahasiswa saling mnedapatkan kemudahan. Interaksi keduanya juga dapat terjalin di sini’’, ungkapnya kepada Tekad pada Jumat (02/03).

Di samping itu, Belli Nasution Sip MA juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara mengantisipasi perkembangan Ilmu Teknologi (IT), juga sebagai persiapan dini terkait surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti) terkait unggah karya ilmiah untuk kenaikan pangkat dosen.

‘’Sebelumnya blog hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, belum digunakan sebagai penunjang keperluan akademis. Semoga seusai pelatihan ini pengaplikasiannya cepat terwujud dan ilmu baru yang didapat akan terus diupdate meski dengan cara otodidak”, begitu harapnya.

Terkait blog, Salhazan Nasution SKom selaku trainer melihat masih minimnya penggunaan blog di kalangan dosen. ‘’Untuk UR sendiri atensi dosen akan blog masih terbilang kurang, berbeda dengan universitas-universitas di Pulau Jawa. Padahal teknologi selalu berkembang, sedikit lengah kita pasti tertinggal,” ungkapnya, Jumat (02/03).

Terlebih Salhazan mengatakan banyak manfaat dari pengoptimalan blog. Misalnya, jika dosen tidak bisa hadir dalam perkuliahan, maka dosen tersebut bisa mengupload bahan perkuliahan di sana. Seandainya mahasiswa tidak dapat mengikuti perkuliahan, mereka tidak perlu bersusah payah mencari salinan catatan. Dengan membuka blog dosen yang bersangkutan maka materi perkuliahan akan mereka dapatkan.

Selain itu, melalui blog juga kemudahan akan didapat. ‘’Blog dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, mahasiswa yang tertinggal perkuliahan dapat mengejarnya di sini. Sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang tidak siap menghadapi kuis ataupun ujian dengan alasan tidak mempunyai bahan perkuliahan”, ujar Salhazan.

Disamping itu, Salhazan berharap kegiatan ini nantinya dapat berkelanjutan. ‘’Jika mereka yang di luar sana bisa, kenapa kita tidak, ini semua kita lakukan demi kebaikan bersama. Melek  IT penting untuk mewujudkannya”, begitu imbuhnya.

Disinggung mengenai gagasan, Evawavy Elysa Lubis Msi mengatakan bahwa melihat banyak manfaat dari pengoptimalan blog membuat pihaknya termotivasi untuk mengadakan pelatihan ini. Lebih lanjut sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi ini menghimbau mahasiswa agar lebih mengenal blog.

‘’Tidak ada alasan mahasiswa untuk tidak tahu blog, dengan segala perkembangan IT saat ini seharusnya itu tidak perlu terjadi. Mestinya mereka satu langkah di depan. Dosen saja mempunyai minat tinggi akan ini, mereka saja masih mau belajar”, ujarnya Rabu (07/03) lalu.*** (Khoirun)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: