DPD RI: Demokrasi Indonesia Masih Cacat

Oleh : Mukmini Rahman

‘’Demokrasi di Indonesia masih cacat, birokrasi belum sempurna, masih banyak oknum yang bekerja belum secara professional, Pemilu pun belum transparan,’’ tutur Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Penuturan Irman tersebut disampaikan saat hadir sebagai pemateri dalam Kuliah Umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (FISIP UR), Jumat (09/03) lalu di Gedung Drs Sutan Belia.

Turut hadir dalam acara Rektor UR, Prof Dr H Ashaluddin Jalil MS. Dalam sambutannya, Ashaluddin menyampaikan keluhan-keluhan UR berkaitan dengan demokrasi, seperti masalah sengketa lahan yang belum jelas penyelesaiannya. ‘’Kita minta dukungan dari DPD untuk memperjuangkan lahan UR. Ini aset negara yang harus dipertahankan,’’ sampainya.

Perlu perbaikan

Dalam materinya, Irman menyebut pelaksanaan demokrasi di Indonesia masih perlu perbaikan karena masih jauh dari kata sempurna. Dari 167 negara, Indonesia berada di peringkat 60 dalam pelaksanaan demokrasi. ‘’Kita cacat di berbagai aspek demokrasi,’’sebutnya kemudian.

Walaupun begitu, Irman percaya dukungan semua pihak dapat menciptakan pemerintahan yang bersih dan kuat dalam menjalankan kebijakan. ‘’Kita berharap demokrasi nantinya memang betul-betul menjadi pilar utama dalam pembangunan bangsa, sehingga transisi demokrasi  tahun 2014 ini bisa berakhir,’’ papar Irman saat ditemui seusai acara.

Di tengah ekonomi maju

Saat memaparkan materi tentang demokrasi, pendidikan, serta gambaran ekonomi Indonesia saat ini, Irman menyebut Riau sebagai provinsi paling maju di Sumatrera. Tidak dapat  dipungkiri, Riau memang memiliki kekayaan alam luar biasa yang dapat menjadikan  pertumbuhan ekonomi meningkat setiap tahunnya.

‘’Dari data yang ada, Riau adalah provinsi yang paling maju di Sumatera.  Walaupun masih ada sebagian dari masyarakat Riau yang hidup di bawah garis kemiskinan,’’ paparnya.

Untuk itu, di tengah pertumbuhan ekonomi yang baik namun dengan iklim demokrasi yang krisis, Ketua DPD RI ini sangat berharap mahasiswa dapat menjadi generasi yang giat belajar, termasuk giat untuk berpikir kritis.

‘’Untuk adik-adik mahasiswa, mari giat belajar. Anda adalah elit bangsa yang akan membangun bangsa ini ke depannya. Apa yang anda lakukan hari ini adalah investasi untuk 20 tahun mendatang. Maju terus pantang mundur, tetap optimis dan ikuti dengan doa,’’ sebutnya bersemangat. *** (Mukmin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: