Sembuhkan Gangguan Bicara dengan Bernyanyi

Para peneliti telah memperbandingkan dua gaya nyanyian klasik dan hindustan untuk menemukan penyembuhan gangguan berbicara. Nyanyian Hindustan yaitu gaya nyanyian tradisional India Utara, sementara nyanyian klasik seperti; musik Puccini, Mozart dan Wagner. Keduanya sangat bervariasi dalam teknik dan bunyi.

Para peneliti patologi di Universitas Missouri memperbandingkan kedua gaya tersebut dengan harapan menemukan penyembuhan tremor laringeal yang merupakan penyakit atau gangguan pada vokal. Tremor laringeal berhubungan dengan banyak gangguan neurologis yang bisa menyebabkan kesulitan berkomunikasi

Vokal atau suara pada penderita penyakit ini timbul ketika laring mengalami kekejangan pada waktu berbicara.  Penderita penyakit Parkinson dan gangguan-gangguan serupa kerapkali menunjukkan tremor vokal. Saat ini para patolog hanya bisa membantu para pasien untuk mengontrol tremor.

Gaya-gaya nyanyian Hindustan dan klasik sangat berbeda, begitu disebut Nandhu Radhakrishnan, salah satu peneliti. ‘’Dalam nyanyian Hindustan, para penyanyi menggunakan “Taan” untuk memodulasi nada dengan sengaja. Kalau klasik, penyanyinya menggunakan vibrato untuk meninggirendahkan nada secara tidak sengaja,’’ ujarnya.

Berbekal pengetahuan inilah, Nandhu yang merupakan profesor komunikasi sains dan gangguan di Sekolah Profesi Kesehatan ini bisa mengembangkan terapi khusus untuk menyembuhkan tremor vocalatau tremor laryngeal.*** (Yudha Ramadhan/dari berbagai Sumber)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: