LPM UR Sosialisasi Kanker Serviks ke Masyarakat

TEKAD- Bersempena dengan ulang tahun emas Universitas Riau, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UR mengadakan penyuluhan kesehatan tentang bahaya kanker serviks di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, Minggu (27/5) pagi tadi. Selain penyuluhan, juga ada pemeriksaan leher rahim dan pelatihan kader pos yandu.
Ketua Tim, Ns Agrina M Kep Sp Kom mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan rahim. “Kanker Serviks dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, masyarakat khususnya para ibu-ibu harus mengetahui bahaya kanker servik dan mau memeriksakannya. Karena, secara fisik penyakit ini tidak kelihatan dan hanya diketahui setelah dilakukan pemeriksaan,” katanya.
Walaupun begitu, tambah Agrina, penyakit ini bisa disembuhkan jika diketahui secara cepat atau sedini mungkin. “Penyakit ini bisa disembuhkan jika masih stadium awal, makanya harus diperiksakan. Tapi sayangnya, masih ada sebagian ibu-ibu tidak mau diperiksa. Alasannya bermacam-macam, ada yang takut, malu dan sebagainya,” tambah Dosen PSIK ini.
Kegiatan ini mendapat antusias dari warga. Eviwati misalnya, menurutnya kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. “Selama ini kami tidak mengetahui bahayanya kanker serviks, bagaimana gejala-gejala dan dampak dari penyakit ini. Ternyata efek penyakit ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Tekad/Wendi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: