Arsitektur Pamerkan Karya Mahasiswa

Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Riau (FT UR) bekerja sama dengan mahasiswanya yang terwadahi dalam Architecture Family dalam menaja acara bertajuk “Vote UR Design” pada Rabu-Kamis (25-26/07) lalu di Lobby FT UR. ‘’Mengambil tema ini karena kan semua maket divoting, dan nantinya yang terbaik akan mendapat apresiasi dan penghargaan pada malam miniatur,’’ kata Andri, Ketua Panitia, Mahasiswa Arsitektur ’09.

Acara yang memamerkan maket-maket dan spanduk karya mahasiswa Arsitektur ini merupakan acara yang pertama kali diadakan.‘’Sebelumnya belum pernah ngadain pameran, selama ini Arsitektur UR kan masih baru, orang-orang belum terlalu tahu kalau di UR ada Arsitektur, makanya salah satu tujuan acara ini untuk memperkenalkan dan mengeksplor bahwa Arsitektur ada di UR,’’ ungkap Fauzan, mahasiswa Arsitektur ’10, Wakil Ketua Panitia pada Kamis (26/07).

Hal serupa juga dikatakan Muhammad Rijal ST MT, Kepala Prodi Arsitektur UR, ‘’Ya, pameran pertama. Kebetulan momennya pada saat mahasiswa baru mau masuk jadi jadwalnya sesuai,’’ katanya, Kamis (26/07).

Ia juga mengatakan bahwa pameran karya mahasiswa ini merupakan salah satu hasil dari salah satu mata kuliah. ‘’Output dari ujian adalah pameran ini. Pameran biasanya identik dengan pengeluaran dana, capek, dan kadang-kadang outputnyatidak ada. Kalau ini kan ada, nilai ujian mereka itu,’’ jelas Rijal.

Dalam pameran ini, Pembantu Rektor IV, Dr Adhy Prayitno hadir dan memberi apresiasinya. ‘’Saya sangat mengapresiasi, karena mereka (Prodi Arsitektur, red) masih baru sudah bisa membuat pameran seperti ini, yang sudah lama kenapa tidak dipamerkan karya-karyanya,’’ ungkapnya kepada Tekad, Kamis (26/07)

Dalam pameran ini, hasil karya mahasiswa seperti maket-maket dan poster-poster akan divoting oleh pengunjung, karya manakah yang paling bagus dan terbaik. Fauzan mengatakan bahwa untuk voting pengunjung, panitia menargetkan hanya seratus, ternyata pada hari pertama saja jumlah voting telah lebih dari angka yang ditargetkan tersebut. Selain divoting, karya mahasiswa ini juga dinilai oleh dosen. Tidak hanya karyanya, dari segi acara pameran dan kinerja kepanitiaan juga akan dinilai yang nantinya dijadikan nilai untuk mata kuliah yang bersangkutan.

‘’Mereka kerja, mereka dapat hasil dari mempromosikan beberapa karya kawan-kawannya, mereka tahu berorganisir, tahu manajemen waktu, dan outputnya pun jelas terhadap nilai ujian mereka,’’ jelas Rijal.

Pameran ini memamerkan karya mahasiswa angkatan 2009, 2010 dan 2011. Mahasiswa 2009 memamerkan tiga maket yaitu High Rise Building, Office Rusunawa, dan Apartemen. Lalu mahasiswa 2010 memamerkan enam maket Praktek Dokter Bersama atau RSUD, lima maket Stadion dan empat poster design Pusat Kebudayaan Melayu. Sedangkan mahasiswa 2011 memamerkan lima maket Enginering Student Center, lima maket Struktur Konstruksi atau tempat tinggal dan tiga Pusat Jajanan dan Souvenir. Masing-masing jenis maket dan poster inilah yang dinilai dan divoting. Semua karya ini adalah tugas mandiri mahasiswa kecuali maket stadion dan struktur konstruksi yang merupakan tugas kelompok.

‘’Yang menarik di sini adalah dari maketnya, dari designnya. Kami bukan hanya membuat bangunan tapi juga bagaimana kami memperlihatkan bangunan itu jadi terlihat ada seninya,’’ ungkap Fauzan. Ia juga mengatakan bahwa rencananya acara ini akan dijadikan agenda tahunan.

Selain pamerankarya mahasiswa, di akhir acara juga diadakan forum diskusi dengan tema “The Influence Of Malay Architecture On Public Contempory Building in Pekanbaru” yang menghadirkan tiga narasumber yaitu Tofik Azhari ST selaku Dinas Tata Ruang dan Bangunan Pekanbaru, Yose Rizal ST MT selaku Kepala Jurusan Arsitek Universitas Lancang Kuning, dan Ramlis ST MT selaku Planologi UIR.

Yose Rizal dalam pemaparannya mengatakan bahwa Kota Pekanbaru tidak seperti kota lainnya yang mempunyai icon untuk diingat ketika mengatakan nama ibu kota Riau ini. Hal ini perlu menjadi perhatian ‘orang’ Arsitektur dan pemerintah terkait.***

Aristra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: