Seminar Nasional dan Launching Buku Dosen Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UR beserta Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) kembali mengadakan seminar nasional dengan tema “Media Social dan Control Masyarakat” serta launching buku dosen Ilmu Komunikasi dengan tema Komunikasi Budaya dan Jurnalisme Warga”.

Seminar ini berlangsung di Hotel Pangeran pada Sabtu (14/07) lalu dengan menghadirkan tiga pemateri yakni Prof Deddy Mulyana yang merupakan Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (UNPAD), Belli Nasution SIp MA selaku Dosen Ilmu Komunikasi UR serta Ilham Muhammad Yasir selaku Ketua Jurnalis Independen Pekanbaru.

Dalam seminar ini, buku komunikasi oleh Dosen Ilmu Komunikasi dari berbagai universitas di Indonesia diluncurkan. Dalam perkembangan ilmu dewasa ini, dosen sudah semestinya membuat tulisan untuk diterbitkan guna menunjang mahasiswa dalam belajar dan menambah pengetahuan.

Launching buku ini sendiri diadakan dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada para dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi agar memiliki semangat serta bakat jurnalistik. Harapannya agar mahasiswa dan Dosen Ilmu Komunikasi mampu menghasilkan buku untuk ke depannya.

Dalam menghasilkan buku komunikasi tidak dibatasi hanya dosen dari Jurusan Ilmu Komunikasi saja, tetapi juga diperuntukkan kepada dosen di luar Jurusan Ilmu Komunikasi. Karena komunikasi tidak hanya membahas tentang ilmu jurnalistik, tetapi juga ilmu tentang kebudayaan dan lain sebagainya.

Dalam kelangsungan acaranya, seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi tetapi juga mahasiswa dari Jurusan Hubungan Internasional yang dapat menghubungkan ilmunya. Seperti dampak media massa terhadap politik di Amerika Serikat dan pengaruhnya, penggabungan ilmu politiknya terhadap media, dan media sebagai sarana informasi.

Evawani Elysa lubis MSi, salah satu dosen yang menulis buku yang dilaunchingkan menjelaskan bahwa penulisan buku ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena terhambat dalam proses penyatuan tulisan dari dosen lain. ‘’Membuat sebuah buku tidaklah mudah karena kita bekerja dalam sebuah tim, dan ada kendala yang terjadi juga dalam prosesnya. Tetapi dengan adanya sebuah tim masalah seperti ini dapat diatasi,’’ jelasnya kepada Tekad saat break acara.

Suyanto Ssos MSc, sebagai editor buku menyatakan, ‘’Dalam pengeditan buku tersebut tentunya ada hambatan dan kendalanya,’’ tuturnya. Buku yang dilaunchingkan rata-rata memiliki ketebalan 400 halaman dan ini menjadi agenda rutin dalam kegiatan fakultas setiap tahunnya, terutama para Dosen Ilmu Komunikasi agar mampu menghasilkan buku-buku.

Noviri Syahdi, peserta seminar pada Sabtu (14/07) lalu, mengungkapkan bahwa ia akan menambah referensi buku komunikasinya. Ia juga berharap agar ke depannya Dosen Ilmu Komukasi akan membuat buku komunikasi yang lebih menarik dari sebelumnya.

‘’Ilmu Komunikasi itu penting untuk semua profesi. Apapun profesi kita, untuk mencapai sukses salah satunya adalah ahli dalam berkomunikasi. Jadi, pesan yang dapat disampaikan adalah bahwa siapa pun kita mari belajar komunikasi yang baik, ‘’ ucap Deddy Mulyana.***

Marlia/Trilis/Sucie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: