Maba Teknik Tampil Beda

Ada yang berbeda pada maba alias mahasiswa baru FT UR. Mereka menggunakan almamater di area kampus selama kuliah. Menurut keterangan PD III FT UR, Mujiatko ST MT, peraturan menggunakan almamater bagi mahasiswa baru ini sebenarnya telah diterapkan sejak 2010 lalu.

Peraturan ini dibuat berdasarkan kesepakatan keluarga besar FT UR. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru bisa lebih mencintai kampus serta menjaga marwah dan derajat sebagai seorang mahasiswa UR. Meski setiap angkatan mahasiswa FT memiliki seragam tersendiri, namun bagi keluarga besar FT, almamater UR mempunyai nilai tersendiri sehingga almamter digunakan untuk mahasiswa baru.

‘’Kapan lagi menggunakan almamater, rasanya jarang sekali mahasiswa menggunakannya. Maka di sinilah waktunya mereka bisa mengenal kampus, mereka akan merasa nyaman dan bisa membangkitkan kecintaan mahasiswa terhadap kampus,’’ tutur Mujiatko kepada Tekad, Sabtu (13/10).

Mengenai wajib atau tidaknya mengenakan almamater, ia mengatakan bahwa peraturan ini sifatnya tidak memaksa. ‘’Kami tidak mempermasalahkan, peraturan ini dibuat untuk membuat mereka mencintai dari hal yang terkecil. Kalau tidak memakai almamater juga tidak masalah,’’ katanya.

Penerapan peraturan ini sendiri dimulai sejak berlangsungnya PKA. Sambutan baik mahasiswa baru diwakili pernyataan Boby, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ’12. ‘’Dengan almamater ini kami bisa lebih mengenali sesama angkatan 2012, dan bagi mahasiswa baru yang tidak menggunakan almamater tidak dikenakan sanksi namun hanya berupa teguran,’’ ungkapnya.***

DM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: