Simposium dan Olimpiade, Wahana Pencerdasan Bangsa

FKIP UR segera taja Simposium dan Olimpiade Biologi se-Riau pada Sabtu-Rabu (10-14/11). Olimpiade yang ditujukan kepada siswa SMP dan SMA dari seluruh Provinsi Riau ini juga diikuti acara simposium regional se-Sumatera.

Sedangkan pendaftaran telah dimulai sejak Senin (3/09) dan akan berakhir pada Sabtu (8/11) mendatang. Agar dapat berjalan efektif, Prodi Pendidikan Biologi menyediakan sebuah stand sebagai pusat informasi yang didirikan di samping gedung serbaguna FKIP UR.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis kompetisi yang akan diadakan yaitu Uji Kompetensi Tertulis (UKT), Uji Kompetensi Labor (UKL), Cepat Tepat (CT), Mading 3D untuk tingkat SMP, Bio Expo, hingga yang cakupannya lebih luas lagi yaitu simposium. Jenis kompetisi ini tergolong cukup banyak untuk dipilih oleh setiap sekolah, tergantung minat dan kemampuan siswanya seperti UKL atau Bio Expo.

UKL merupakan jenis kompetisi dimana mereka diuji untuk membuat praktikum dalam waktu yang telah ditentukan. Sedangkan Bio Expo adalah sebuah pameran karya ilmiah. Untuk UKT, ada tiga tahap yang dilalui. Tahap pertama diambil 50% dari banyaknya siswa, tahap kedua diambil 50% dari tahap pertama dan yang terakhir final untuk menentukan juara.

Untuk biaya administrasinya sangat beragam. Untuk UKL dan UKT sebesar Rp 60.000/orang, CT sebesar Rp 100.000/kelompok, Mading sebesar 3D Rp 25.000 dan Bio Expo sebesar Rp 50.000.

Menurut Herizal, ketua panitia, ‘’Meski hingga saat ini peserta olimpiade untuk tingkat SMA masih sangat sedikit sekali, namun panitia merasa itu masih merupakan hal yang biasa. Terkadang mereka merasa gengsi untuk mendaftar lebih awal,’’ ungkapnya kepada Tekad beberapa waktu lalu.

Dibalik ini, semua tentu ada tujuan dan harapan-harapan tersendiri untuk panitia pelaksana dan juga seluruh keluarga besar pendidikan biologi ‘’Tujuannya sama dengan Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,’’ kata Herizal.

Herizal mengatakan bahwa dengan adanya berbagai macam wadah yang mereka sajikan pada tahun ini siswa SMP dan SMA dapat meningkatkan daya kreativitas serta kemampuan mereka dalam suatu bidang. Sasaran yang paling diperhatikan tentu saja para siswa yang berasal dari berbagai daerah agar mereka semakin bersemangat untuk tetap mengasah keterampilan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Julia, mahasiswa Pendidikan Biologi yang saat SMA pernah mengikuti olimpiade biologi yang dilaksanakan oleh FKIP UR ini. ‘’Olimpiade ini bisa mengenalkan kepada siswa yang berasal dari daera, yang dulunya mereka tidak mengenal tentang olimpiade maka di sinilah tempatnya. Mereka dapat mengetahuinya dan mengenal hal-hal baru seperti praktikum di labor, mereka juga dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk bersaing dengan sekolah lain,’’ ungkapnya.***

DM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: